Selasa, 26 Maret 2013

Ruang Lingkup & Fungsi dari Bank

1. Jelaskan Pengertian ruang lingkup fungsi fungsi bank (secara umum) yang terdiri dari:
-Jenis jenis bank
  Jenis bank menurut fungsinya
  1. Bank Sentral, yaitu bank yang tugasnya dalam menerbitkan uang kertas dan logam sebagai alat pembayaran yang sah dalam suatu negara dan mempertahankan konversi uang dimaksud terhadap emas atau perak atau keduanya.
  2. Bank Umum, yaitu bank yang bukan saja dapat meminjamkan atau menginvestasikan berbagai jenis tabungan yang diperolehnya, tetapi juga dapat memberikan pinjaman dari menciptakan sendiri uang giral.
  3. Bank Perkreditan Rakyat (BPR), yaitu bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional atau berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran.
  4. Bank Syariah, yaitu bank yang beroperasi berdasarkan prinsip bagi hasil (sesuai kaidah ajaran islam tentang hukum riba)
apa yang membedakan suatu bank dengan bank yang lainnya :
- cara pembayarannya
- cara sopan santun karyawannya
- cara perhitungan bunga atau tidak pakai bunga dsb.

2. Jelaskan tentang:
Laporan keuangan :
Laporan keuangan merupakan hasil akhir dari suatu proses pencatatan, yang merupakan suatu ringkasan dari transaksi-transaksi keuangan yang terjadi selama tahun buku yang bersangkutan
Jenis-jenis Laporan Keuangan :
Laporan keuangan sebenarnya banyak, namun laporan keuangan utama menurut
PSAK hanya ada tiga, yaitu :

1. Neraca yaitu yang menggambarkan posisi keuangan perusahaan pada suatu tanggal
tertentu .
2. Laporan Rugi/Laba yang menggambarkan jumlah hasil, biaya dan laba atau rugi
perusahaan pada suatu periode tertentu.
3. Laporan arus kas yang menggambarkan ariran sumber dana dan pengeluaran kas
perusahaan pada satu periode tertentu.
Fungsi-fungsi Laporan Keuangan :
Fungsi manajemen keuangan ada dua yaitu mencari dana yang dibutuhkan perusahaan dan menggunakan dana yang diperoleh secara efisien (Suad Husnan 1996).
Fungsi pertama mencari dana berarti meliputi berbagai kegiatan menemukan, menganalisis serta memutuskan sumber dana mana yang akan dipilih dan diambil serta berapa jumlahnya. Melalui pelaksanaan fungsi ini akan terbentuk struktur finansiel dan struktur modal. Struktur finansiel adalah susunan seluruh sumber dana perusahaan ( jangka pendek dan jangka panjang ) yang tercermin dalam neraca bagian kredit, sedang struktur modal adalah susunan sumber dana jangka panjang perusahaan yang terdiri dari hutang jangka panjang dan ekuitas ( modal sendiri ).
 
Fungsi kedua menggunakan dana berarti kegiatan merencanakan, menganalisis serta memutuskan aktiva apa yang akan dibiayai dan berapa jumlahnya sehingga dapat memberikan peningkatan keuntungan sekaligus meningkatkan nilai perusahaan. Melalui pelaksanaan fungsi ini akan diperoleh struktur kekayaan (aktiva).
  
Tata cara penyusunan laporan keuangan bank :
 
a) neraca
b) laporan laba-rugi
c) laporan perubahan ekuitas
d) laporan arus kas
 

3.
Buatlah contoh laporan keuangan misalnya :
 
A.Neraca

 
B. Laporan Rugi Laba
 
 C. Laporan Kualitas Aktiva




D. Laporan komitmen dan kontigensi


 
E. Laporan Rasio Keuangan



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar